Belajar Menjadi Pemain Bulutangkis Yang Handal

Belajar Menjadi Pemain Bulutangkis Yang HandalIndonesia memiliki prestasi bulutangkis yang sangat baik. Tak heran, dari dulu hingga sekarang olahraga ini cukup digemari oleh masyarakat. Bulutangkis merupakan olahraga yang bisa dimainkan dalam tim atau dua orang maupun perorangan. Permainan bulutangkis selain menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam berbagai ajang juga merupakan olahraga rekreasi yang bisa dimainkan oleh siapa saja dengan latar belakang apapun. Selama memiliki raket dan shuttlecock, maka sudah bisa berlatih dan bermain bulutangkis. Namun agar bisa menjadi pemain yang handal, tentu semangat yang menggebu saja tidaklah cukup. Agar bisa menjadi pemain bulutangkis yang handal maka seseorang harus kerap berlatih dan terus menambah kemampuannya dalam memegang dan menggebuk raket.

Untuk permulaan, pelajarilah bagaimana teknik memegang raket. Memegang raket tentu saja terlihat sangat mudah jelas. Raket memiliki bagian yang biasanya dilapisi karet atau handuk untuk dipegang. Namun, bagaimana cara memegang yang benar? Untuk forehand, pegang raket dengan kepala raket yang menyamping dan seperti sedang ingin menjabat tangan. Untuk jari kelingking, jari manis dan jari tengah bertugas menggenggam raket dan jari telunjuk sedikit terpisah dari jari lainnya. Lalu untuk ibu jari, arahkan diantara telunjuk dan 3 jari lainnya. Jangan lupa, gunakan tangan terbaik untuk memegang raket. Dalam pertandingan bulutangkis internasional, biasanya akan ditemukan sejumlah atlet yang memegang dengan kanan kiri dan terlihat handal. Namun perlu diketahui, mereka yang menggunakan tangan kiri memang terbiasa melakukan aktivitas dengan tangan kirinya atau memang lebih kuat tangan kirinya.

Teknik dasar lainnya pun perlu dipelajari. Tidak hanya tangan saja yang harus benar, kaki pun juga harus selalu melangkah dan dalam posisi yang benar. Dalam bulutangkis dikenal istilah footwork atau pijakan kaki yang teratur. Seorang pemain bulutangkis dituntut untuk bisa memiliki pijakan kaki yang teratur agar bisa melangkah dengan luwes untuk bertahan dan menyerang. Dalam sebuah permainan aktif, kaki seorang pemain walaupun sedang mengejar shuttlecock yang sulit pun hanya sekedar melangkah bukan berlari-lari. Dan yang paling sulit, latihan pijakan kaki yang tepat adalah untuk membuat serangan yang mematikan terutama untuk membuat smash yang tajam.

Lalu, teknik yang harus dikuasai betul oleh seorang pemain adalah teknik pukulan. Ada beberapa jenis pukulan dipermainan bulutangkis. Namun untuk pemula, belajarlah beberapa pukulan penting terlebih dahulu yaitu servis, smash, lob, dropshot, netting dan drive. Servis dalam permainan bulutangkis pun tidak mudah jika ingin mematikan dan tidak mudah diserobot oleh lawan. Begitu pula untuk smash, harus dilakukan dengan mengetahui teknik yang benar dan juga latihan yang rutin. Smash yang baik membutuhkan kemampuan pijakan kaki yang benar, perkiraan jatuhnya bola, teknik memegang raket yang baik, posisi badan yang tepat dan juga melompat yang tinggi.

Read Another Post :
Updated: August 28, 2017 — 1:57 am
Expo Break Blog © 2017 Frontier Theme